Kunjungan Kerja Kab. Kapuas

IMG-20170211-WA0013Desa Mekar Jaya Kec. Angsana Kab. Tanah Bumbu menjadi tempat tujuan kaji banding bagi Pemerintah Kabupaten Kapuas (Pemkab Kapuas) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng). Kaji banding di laksanakan selama 2 (Dua) Hari yakni 11 – 12 Pebruari 2017.

IMG-20170211-WA0016 IMG-20170211-WA0022Kedatangan rombongan kaji banding Kab. Kapuas diterima oleh Pemerintah Desa Mekar Jaya pada tanggal 11 Februari 2017. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah dalam rangka peningkatan kapasitas kelembagaan kemasyarakatan khususnya bagi Ketua RT di Tiga Kelurahan di Kabupaten Kapuas.

Kabupaten Tanah Bumbu yang dihadiri oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Tanbu, Pemerintah Kecamatan Angsana, Bagian Tata Pemerintahan Setda Tanbu, Pemerintah Desa Mekar Jaya, dan Pemerintah Desa Angsana.

Rombongan kaji banding Kab. Kapuas berjumlah 70 orang yang terdiri dari Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda, Camat Selat, Camat Selat Dalam, Lurah Murung Keramat, Lurah Panamas, Ketua RT di Kelurahan Selat Dalam, Ketua RT di Kelurahan Murung Keramat, Ketua RT di Kelurahan Panamas, LPMK, Karang Taruna, dan BKM.

IMG-20170211-WA0015IMG-20170211-WA0019Adapun yang menjadi materi Kaji Banding yaitu Sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan RT dan masyarakat di bidang pemberdayaan masyarakat, penataan pembangunan, pelayanan publik, dan pengelolaan lingkungan.

Desa Mekar Jaya menjadi daya tarik Kab. Kapuas melaksanakan kaji banding yaitu karena keberhasilan Desa Mekar Jaya Kecamatan Angsana pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Prestasi Lomba Desa di tingkat provinsi menjadi daya tarik mereka datang ke Mekar Jaya. Dan secara ranking regional Kalimantan dan Sulawesi, Desa Mekarjaya Kecamatan Angsana Kab. Tanbu berada pada posisi terbaik 5 (Lima),”

Peran pemerintah Desa  dalam menggerakan partisipasi masyarakat dalam membangun desa inilah yang menjadi perhatian serius bagi Kabupaten Kapuas untuk mencontoh secara langsung pengelolaan pemerintahan di Desa Mekar Jaya. Karena keberhasilan pembangunan yang terjadi di Desa Mekar Jaya tak terlepas dari peran aktif dan dilibatkannya masyarakat dalam menentukan arah pembangunan, sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Updated: Februari 13, 2017 — 7:20 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Desa Mekarjaya | Kecamatan Angsana | Kabupaten Tanah Bumbu U_IT Kominfo Tanah Bumbu 2016